Selasa, 10 Januari 2012

Transmisi manual

transmisi manual

Sebuah transmisi manual, juga dikenal sebagai transmisi gearbox manual atau standar (informal, sebuah "manual", "shift tongkat," "shift lurus," atau "drive lurus") adalah jenis transmisi yang digunakan dalam kendaraan bermotor aplikasi. It generally uses a driver-operated clutch , typically operated by a pedal or lever, for regulating torque transfer from the internal combustion engine to the transmission, and a gear-shift , either operated by hand (as in a car) or by foot (as on a motorcycle). Pada umumnya menggunakan driver-dioperasikan kopling , biasanya dioperasikan oleh pedal atau tuas, untuk mengatur torsi transfer dari mesin pembakaran internal untuk transmisi, dan gear-shift , baik dioperasikan oleh tangan (seperti dalam mobil) atau dengan kaki ( seperti pada sepeda motor).Other types of transmission in mainstream automotive use are the automatic transmission , semi-automatic transmission , and the continuously variable transmission (CVT). Jenis lain dari transmisi di otomotif menggunakan arus utama adalah transmisi otomatis , transmisi semi-otomatis , dan transmisi variabel kontinyu (CVT).


transmisi manual sering menampilkan driver yang dioperasikan kopling dan bergerak selektor roda gigi . Most automobile manual transmissions allow the driver to select any forward gear ratio ("gear") at any time, but some, such as those commonly mounted on motorcycles and some types of racing cars, only allow the driver to select the next-higher or next-lower gear. Kebanyakan transmisi manual mobil memungkinkan pengemudi untuk memilih maju rasio roda gigi ("gigi") setiap saat, tetapi beberapa, seperti yang biasanya dipasang pada sepeda motor dan beberapa jenis mobil balap, hanya memungkinkan pengemudi untuk memilih berikutnya yang lebih tinggi atau gigi depan-bawah. This type of transmission is sometimes called a sequential manual transmission . Jenis transmisi kadang-kadang disebut transmisi manual sekuensial . Sequential transmissions are commonly used in auto racing for their ability to make quick shifts. [ citation needed ] transmisi berurutan biasanya digunakan dalam balap mobil untuk kemampuan mereka untuk membuat perubahan cepat.
Manual transmissions are characterized by gear ratios that are selectable by locking selected gear pairs to the output shaft inside the transmission. Manual transmisi ditandai dengan rasio roda gigi yang dipilih dengan cara mengunci pasangan gear yang dipilih ke dalam poros output transmisi.Conversely, most automatic transmissions feature epicyclic ( planetary ) gearing controlled by brake bands and/or clutch packs to select gear ratio. Automatic transmissions that allow the driver to manually select the current gear are called Manumatics . Sebaliknya, sebagian besar transmisi otomatis fitur epicyclic ( planet ) gearing dikendalikan oleh band rem dan / atau kemasan kopling untuk memilih rasio roda gigi. transmisi otomatis yang memungkinkan pengemudi untuk secara manual memilih gigi saat ini disebut Manumatics . A manual-style transmission operated by computer is often called an automated transmission rather than an automatic . A-gaya transmisi manual yang dioperasikan oleh komputer sering disebut transmisi otomatis dan bukan otomatis.
Contemporary automobile manual transmissions typically use four to six forward gears and one reverse gear, although automobile manual transmissions have been built with as few as two and as many as eight gears. transmisi manual mobil Kontemporer biasanya menggunakan roda gigi maju 4-6 dan satu gigi mundur, mobil transmisi manual meskipun telah dibangun dengan beberapa sebagai dua dan sebanyak delapan gigi. Transmission for heavy trucks and other heavy equipment usually have at least 9 gears so the transmission can offer both a wide range of gears and close gear ratios to keep the engine running in the power band. Transmisi untuk truk berat dan peralatan berat lainnya biasanya memiliki minimal 9 roda gigi transmisi sehingga dapat menawarkan baik berbagai rasio roda gigi roda gigi dan dekat untuk menjaga mesin berjalan pada pita kekuasaan.Some heavy vehicle transmissions have dozens of gears, but many are duplicates, introduced as an accident of combining gear sets, or introduced to simplify shifting. Beberapa transmisi kendaraan berat telah puluhan roda gigi, tetapi banyak yang duplikat, diperkenalkan sebagai kecelakaan menggabungkan set gear, atau diperkenalkan untuk menyederhanakan pergeseran.Some manuals are referred to by the number of forward gears they offer (eg, 5-speed) as a way of distinguishing between automatic or other available manual transmissions. Beberapa pedoman yang disebut dengan jumlah roda gigi maju yang mereka tawarkan (misalnya, 5-speed) sebagai cara untuk membedakan antara lain transmisi otomatis atau manual yang tersedia. Similarly, a 5-speed automatic transmission is referred to as a "5-speed automatic." Demikian pula, transmisi otomatis 5-speed disebut sebagai "5-speed otomatis."
Bentuk awal dari sebuah transmisi manual diduga telah diciptakan oleh Louis-RenĂ© Panhard dan Emile Levassor di akhir abad 19. This type of transmission offered multiple gear ratios and, in most cases, reverse. Jenis transmisi yang ditawarkan beberapa rasio roda gigi dan, dalam banyak kasus, sebaliknya. The gears were typically engaged by sliding them on their shafts— hence the term "shifting gears," which required a lot of careful timing and throttle manipulation when shifting, so that the gears would be spinning at roughly the same speed when engaged; otherwise, the teeth would refuse to mesh. Roda gigi itu biasanya bergerak dengan menggeser mereka maka mereka shaft-istilah "pergeseran gigi," yang membutuhkan banyak waktu hati-hati dan throttle manipulasi ketika bergeser, sehingga gigi akan berputar di sekitar dengan kecepatan yang sama ketika terlibat, jika tidak, gigi akan menolak untuk mesh. These transmissions are called "sliding mesh" transmissions and sometimes called a crash box . Transmisi ini disebut "sliding mesh" transmisi dan kadang-kadang disebut kotak kecelakaan . Most newer transmissions instead have all gears mesh at all times but allow some gears to rotate freely on their shafts; gears are engaged using sliding-collar dog clutches ; these are referred to as "constant-mesh" transmissions. transmisi yang lebih baru Kebanyakan daripada memiliki semua mesh gigi setiap kali, namun memungkinkan beberapa roda gigi untuk berputar bebas pada poros mereka; roda gigi bergerak menggunakan sliding-kerah cengkeraman anjing ; ini disebut sebagai "konstan-mesh" transmisi.
In both types, a particular gear combination can only be engaged when the two parts to engage (either gears or dog clutches) are at the same speed. Dalam kedua jenis, kombinasi gear tertentu saja dapat bergerak ketika dua bagian untuk terlibat (baik gigi cengkeraman anjing atau) berada di kecepatan yang sama. To shift to a higher gear, the transmission is put in neutral and the engine allowed to slow down until the transmission parts for the next gear are at a proper speed to engage. Untuk beralih ke gigi yang lebih tinggi, transmisi ditempatkan di netral dan mesin diperbolehkan untuk memperlambat bawah sampai bagian transmisi untuk gigi berikutnya adalah pada kecepatan yang tepat untuk terlibat. The vehicle also slows while in neutral and that slows other transmission parts, so the time in neutral depends on the grade, wind, and other such factors. kendaraan juga memperlambat sedangkan di netral dan yang memperlambat bagian transmisi lainnya, jadi waktu di netral tergantung pada angin, kelas, dan faktor-faktor seperti lainnya. To shift to a lower gear, the transmission is put in neutral and the throttle is used to speed up the engine and thus the relevant transmission parts, to match speeds for engaging the next lower gear. Untuk beralih ke gigi yang lebih rendah, transmisi diletakkan di netral dan gas yang digunakan untuk mempercepat mesin dan transmisi sehingga bagian-bagian yang relevan, untuk mencocokkan kecepatan untuk melibatkan gigi yang lebih rendah berikutnya. For both upshifts and downshifts, the clutch is released (engaged) while in neutral. Untuk kedua upshifts dan downshifts, kopling dilepaskan (bergerak) sedangkan di netral. Some drivers use the clutch only for starting from a stop, and shifts are done without the clutch. Beberapa driver menggunakan kopling hanya untuk mulai dari berhenti, dan pergeseran dilakukan tanpa kopling. Other drivers will depress (disengage) the clutch, shift to neutral, then engage the clutch momentarily to force transmission parts to match the engine speed, then depress the clutch again to shift to the next gear, a process called double clutching . driver lain akan menekan (melepaskan diri) kopling, beralih ke netral, kemudian melakukan kopling sejenak untuk memaksa bagian transmisi sesuai kecepatan mesin, lalu menekan kopling lagi untuk beralih ke gigi berikutnya, proses yang disebut ganda mencengkeram . Double clutching is easier to get smooth, as speeds that are close but not quite matched need to speed up or slow down only transmission parts, whereas with the clutch engaged to the engine, mismatched speeds are fighting the rotational inertia and power of the engine. Double mencengkeram lebih mudah untuk mendapatkan halus, seperti kecepatan yang dekat tetapi tidak cukup cocok perlu mempercepat atau memperlambat hanya bagian transmisi, sedangkan dengan kopling bertunangan dengan mesin, kecepatan tidak cocok berjuang kelembaman rotasi dan kekuatan mesin.
Even though automobile and light truck transmissions are now almost universally synchronised, transmissions for heavy trucks and machinery, motorcycles, and for dedicated racing are usually not. Non-synchronized transmission designs are used for several reasons. Walaupun mobil dan truk ringan transmisi sekarang hampir universal disinkronkan, transmisi untuk berat truk dan mesin, sepeda motor, dan untuk berdedikasi balap biasanya tidak. -disinkronisasi transmisi rokok desain digunakan karena beberapa alasan. The friction material, such as brass , in synchronizers is more prone to wear and breakage than gears, which are forged steel, and the simplicity of the mechanism improves reliability and reduces cost. Bahan gesekan, seperti kuningan , di synchronizers lebih rentan terhadap keausan dan kerusakan dari gigi, yang ditempa baja, dan kesederhanaan mekanisme meningkatkan kehandalan dan mengurangi biaya. In addition, the process of shifting a synchromesh transmission is slower than that of shifting a non-synchromesh transmission. Selain itu, proses pergeseran transmisi synchromesh lebih lambat dibandingkan dengan pergeseran transmisi non-synchromesh. For racing of production-based transmissions, sometimes half the teeth (or " dogs ") on the synchros are removed to speed the shifting process, at the expense of greater wear. Untuk balap dari transmisi berbasis produksi, kadang-kadang setengah gigi (atau " anjing ") pada synchros dikeluarkan untuk mempercepat proses pergeseran, dengan mengorbankan pakai yang lebih besar.
Heavy duty trucks often use unsynchronized transmissions. tugas berat truk sering menggunakan transmisi tidak sinkron. Military trucks usually have synchronized transmissions, allowing untrained personnel to operate them in emergencies. truk militer biasanya memiliki disinkronkan transmisi, memungkinkan personil terlatih untuk mengoperasikan mereka dalam keadaan darurat. In the United States, traffic safety rules refer to non-synchronous transmissions in classes of larger commercial motor vehicles . Di Amerika Serikat, aturan keselamatan lalu lintas mengacu pada transmisi non-sinkron dalam kelas-kelas yang lebih besar kendaraan bermotor komersial . In Europe, heavy duty trucks use synchronized gearboxes as standard. Di Eropa, truk berat tugas menggunakan gearbox disinkronisasi sebagai standar.
Similarly, most modern motorcycles use unsynchronized transmissions as synchronizers are generally not necessary or desirable. Demikian pula, sepeda motor paling modern menggunakan transmisi sinkron sebagai synchronizers umumnya tidak diperlukan atau diinginkan. Their low gear inertias and higher strengths mean that forcing the gears to alter speed is not damaging, and the pedal operated selector on modern motorcycles is not conducive to having the long shift time of a synchronized gearbox. inertias persneling rendah mereka dan kekuatan yang lebih tinggi berarti bahwa memaksa roda gigi untuk mengubah kecepatan tidak merusak, dan pedal pemilih dioperasikan pada sepeda motor modern tidak kondusif untuk memiliki panjang pergeseran waktu dari gearbox disinkronisasi. Because of this, it is necessary to synchronize gear speeds by blipping the throttle when shifting into a lower gear on a motorcycle. Karena itu, perlu untuk melakukan sinkronisasi kecepatan gigi oleh blipping throttle ketika pergeseran ke gigi lebih rendah di sepeda motor.

Transmisi sinkronisasi
Sebagian besar mobil modern dilengkapi dengan gear box disinkronisasi. Transmission gears are always in mesh and rotating, but gears on one shaft can freely rotate or be locked to the shaft. Transmisi roda gigi selalu dalam mesh dan berputar, tapi roda gigi pada satu poros dengan bebas dapat memutar atau dikunci pada poros. The locking mechanism for a gear consists of a collar (or dog collar ) on the shaft which is able to slide sideways so that teeth (or dogs ) on its inner surface bridge two circular rings with teeth on their outer circumference: one attached to the gear, one to the shaft. Mekanisme penguncian untuk gigi terdiri dari kerah (atau anjing kerah ) pada poros yang mampu slide ke samping sehingga gigi (atau anjing) di jembatan permukaan dalamnya dua cincin melingkar dengan gigi pada lingkar luar mereka: satu melekat pada gigi, satu poros. When the rings are bridged by the collar, that particular gear is rotationally locked to the shaft and determines the output speed of the transmission. Ketika cincin yang dijembatani oleh kerah, bahwa gigi tertentu rotationally terkunci pada poros dan menentukan output kecepatan transmisi. The gearshift lever manipulates the collars using a set of linkages , so arranged so that one collar may be permitted to lock only one gear at any one time; when "shifting gears," the locking collar from one gear is disengaged before that of another engaged. Tuas perpindahan gigi yang memanipulasi kerah menggunakan seperangkat hubungan , sehingga diatur sedemikian rupa sehingga satu kerah dapat diizinkan untuk mengunci hanya satu gigi pada satu waktu, ketika "pergeseran gigi," kerah penguncian dari satu gigi adalah melepaskan sebelum orang lain yang terlibat . One collar often serves for two gears; sliding in one direction selects one transmission speed, in the other direction selects another. Satu kerah sering melayani dua roda gigi, geser ke satu arah memilih salah satu kecepatan transmisi, ke arah lain memilih yang lain.
In a synchromesh gearbox, to correctly match the speed of the gear to that of the shaft as the gear is engaged, the collar initially applies a force to a cone-shaped brass clutch attached to the gear, which brings the speeds to match prior to the collar locking into place. Dalam gearbox synchromesh, untuk benar cocok dengan kecepatan roda gigi dengan poros sebagai roda gigi bergerak, kerah awalnya berlaku kekuatan yang kuningan berbentuk kerucut kopling ke gigi, yang membawa kecepatan untuk mencocokkan sebelum yang mengunci kerah ke tempatnya. The collar is prevented from bridging the locking rings when the speeds are mismatched by synchro rings (also called blocker rings or baulk rings, with the latter being spelt balk in the US). Collar dicegah dari menjembatani cincin pengunci saat kecepatan tidak cocok dengan cincin Synchro (juga disebut blocker cincin atau cincin mogok, dengan ejaan yang menolak kedua di AS). The synchro ring rotates slightly due to the frictional torque from the cone clutch. Cincin Synchro sedikit berputar karena torsi gesek dari kopling kerucut. In this position, the dog clutch is prevented from engaging. Dalam posisi ini, kopling anjing dicegah dari menarik. The brass clutch ring gradually causes parts to spin at the same speed. Cincin kuningan kopling secara bertahap menyebabkan bagian berputar dengan kecepatan yang sama. When they do spin the same speed, there is no more torque from the cone clutch, and the dog clutch is allowed to fall in to engagement. Ketika mereka melakukan putaran dengan kecepatan yang sama, tidak ada torsi lebih dari kopling kerucut, dan kopling anjing diperbolehkan untuk jatuh ke pertunangan. In a modern gearbox, the action of all of these components is so smooth and fast it is hardly noticed. Dalam gearbox modern, tindakan dari semua komponen ini sangat halus dan cepat sehingga hampir tidak menyadarinya.
The modern cone system was developed by Porsche and introduced in the 1952 Porsche 356 ; cone synchronisers were called Porsche-type for many years after this. Sistem kerucut modern dikembangkan oleh Porsche dan diperkenalkan pada 1.952 Porsche 356 ; synchronisers kerucut disebut Porsche-jenis selama bertahun-tahun setelah ini. In the early 1950s, only the second-third shift was synchromesh in most cars, requiring only a single synchro and a simple linkage; drivers' manuals in cars suggested that if the driver needed to shift from second to first, it was best to come to a complete stop then shift into first and start up again. Pada awal 1950-an, hanya shift kedua-ketiga synchromesh di mobil paling, hanya membutuhkan Synchro tunggal dan keterkaitan sederhana; manual driver 'dalam mobil menyarankan bahwa jika driver yang dibutuhkan untuk beralih dari kedua pertama, yang terbaik adalah datang berhenti sama sekali kemudian beralih ke pertama dan mulai lagi. With continuing sophistication of mechanical development, however, fully synchromesh transmissions with three speeds, then four speeds, and then five speeds, became universal by the 1980s. Dengan kecanggihan melanjutkan pembangunan mekanik, Namun, sepenuhnya synchromesh transmisi dengan tiga kecepatan, lalu empat kecepatan, dan kemudian lima kecepatan, menjadi universal oleh 1980-an. Many modern manual transmission cars, especially sports cars, now offer six speeds. Banyak mobil manual transmisi modern, terutama olahraga mobil, sekarang menawarkan enam kecepatan.
Reverse gear, however, is usually not synchromesh, as there is only one reverse gear in the normal automotive transmission and changing gears into reverse while moving is not required. Reverse gear, Namun, biasanya tidak synchromesh, karena hanya ada satu reverse gear di transmisi otomotif normal dan mengubah gigi mundur saat bergerak tidak diperlukan. Among the cars that have synchromesh in reverse are the 1995-2000 Ford Contour and Mercury Mystique, '00-'05 Chevrolet Cavalier, Mercedes 190 2.3-16, the V6 equipped Alfa Romeo GTV/Spider (916) , certain Chrysler, Jeep, and GM products which use the New Venture NV3500 and NV3550 units, the European Ford Sierra and Granada/Scorpio equipped with the MT75 gearbox, the Volvo 850, and almost all Lamborghinis and BMWs Di antara mobil yang synchromesh sebaliknya adalah 1995-2000 Ford Contour dan Mercury Mystique, '00-'05 Chevrolet Cavalier, Mercedes 190 2,3-16, yang V6 dilengkapi Alfa Romeo GTV / Spider (916) , tertentu Chrysler , Jeep, dan GM produk yang menggunakan Venture NV3500 Baru dan unit NV3550, European Ford Sierra dan Granada / Scorpio dilengkapi dengan MT75 gearbox, Volvo 850, dan hampir semua Lamborghini dan BMW.
Poros
Seperti transmisi lainnya, transmisi manual memiliki beberapa lubang dengan berbagai persneling dan komponen lain yang menyertainya. Typically, a rear-wheel-drive transmission has three shafts: an input shaft, a countershaft and an output shaft. Biasanya, seorang-wheel-drive transmisi belakang memiliki tiga poros: sebuah poros input, as penggerak dan sebuah poros output. The countershaft is sometimes called a layshaft . poros penggerak ini kadang-kadang disebut sebuah layshaft.
In a rear-wheel-drive transmission, the input and output shaft lie along the same line, and may in fact be combined into a single shaft within the transmission. Dalam transmisi rear-wheel-drive, input dan output poros terletak pada garis yang sama, dan mungkin sebenarnya digabung menjadi sebuah poros tunggal dalam transmisi. This single shaft is called a mainshaft . Poros tunggal ini disebut sebuah mainshaft. The input and output ends of this combined shaft rotate independently, at different speeds, which is possible because one piece slides into a hollow bore in the other piece, where it is supported by a bearing. Input dan output ujung poros ini memutar gabungan independen, dengan kecepatan yang berbeda, yang mungkin karena potongan slide satu ke lubang bor di bagian lain, di mana didukung oleh sebuah bantalan. Sometimes the term mainshaft refers to just the input shaft or just the output shaft, rather than the entire assembly. Kadang-kadang mainshaft merujuk hanya ke poros masukan atau hanya poros output, daripada seluruh djemaah.
In some transmissions, it's possible for the input and output components of the mainshaft to be locked together to create a 1:1 gear ratio, causing the power flow to bypass the countershaft. Dalam beberapa transmisi, kemungkinan untuk input dan komponen output mainshaft yang akan terkunci bersama-sama untuk menciptakan rasio roda gigi 1:1, menyebabkan aliran daya untuk memotong poros penggerak tersebut. The mainshaft then behaves like a single, solid shaft, a situation referred to as direct drive . mainshaft kemudian berperilaku seperti padat, poros tunggal, situasi yang disebut sebagai drive langsung.
Even in transmissions that do not feature direct drive, it's an advantage for the input and output to lie along the same line, because this reduces the amount of torsion that the transmission case has to bear. Bahkan di transmisi yang tidak fitur drive langsung, itu keuntungan bagi input dan output untuk berbohong sepanjang baris yang sama, karena ini mengurangi jumlah torsi bahwa kasus transmisi harus menanggung.
Under one possible design, the transmission's input shaft has just one pinion gear, which drives the countershaft. Dalam satu desain mungkin, poros input transmisi telah perlengkapan hanya satu sayap, yang drive as penggerak itu. Along the countershaft are mounted gears of various sizes, which rotate when the input shaft rotates. Sepanjang poros penggerak roda gigi yang sudah terpasang dari berbagai ukuran, yang berputar ketika berputar poros input. These gears correspond to the forward speeds and reverse. Ini roda gigi sesuai dengan kecepatan maju dan mundur. Each of the forward gears on the countershaft is permanently meshed with a corresponding gear on the output shaft. Setiap maju pada poros penggerak roda gigi secara permanen menyatu dengan gigi yang sesuai pada poros output. However, these driven gears are not rigidly attached to the output shaft: although the shaft runs through them, they spin independently of it, which is made possible by bearings in their hubs. Namun, roda gigi didorong tidak kaku melekat pada poros output: meskipun poros berjalan melalui mereka, mereka berputar secara independen itu, yang dimungkinkan oleh bantalan dalam hub mereka. Reverse is typically implemented differently, see the section on Reverse . Reverse biasanya diimplementasikan secara berbeda, lihat bagian tentang Reverse .
Most front-wheel-drive transmissions for transverse engine mounting are designed differently. Sebagian front-wheel-drive transmisi untuk mesin melintang mounting dirancang berbeda. For one thing, they have an integral final drive and differential. Untuk satu hal, mereka memiliki drive akhir integral dan diferensial. For another, they usually have only two shafts; input and countershaft, sometimes called input and output. Untuk yang lain, mereka biasanya hanya memiliki dua poros; input dan poros penggerak, kadang-kadang disebut input dan output. The input shaft runs the whole length of the gearbox, and there is no separate input pinion. Poros input menjalankan seluruh panjang gearbox, dan tidak ada sayap input terpisah. At the end of the second (counter/output) shaft is a pinion gear that mates with the ring gear on the differential. Pada akhir kedua (counter / output) poros adalah sayap yang pasangan gigi dengan gigi cincin pada diferensial.
Front-wheel and rear-wheel-drive transmissions operate similarly. Front-roda dan transmisi belakang-wheel-drive beroperasi sama. When the transmission is in neutral, and the clutch is disengaged, the input shaft, clutch disk and countershaft can continue to rotate under their own inertia. Ketika pengiriman di netral, dan kopling adalah terlepas, poros input, kopling dan poros penggerak disk dapat terus berputar di bawah inersia sendiri. In this state, the engine, the input shaft and clutch, and the output shaft all rotate independently. Dalam keadaan ini, mesin, poros input dan kopling, dan poros output semua berputar secara independen.

kopling Dog

Gigi pemilih tidak melakukan atau melepaskan diri gigi gigi yang permanen sebenarnya menyatu.Rather, the action of the gear selector is to lock one of the freely spinning gears to the shaft that runs through its hub. Sebaliknya, tindakan pemilih gigi adalah untuk mengunci salah satu roda gigi berputar bebas pada poros yang berjalan melalui hub. The shaft then spins together with that gear. poros kemudian berputar bersama-sama dengan gigi itu. The output shaft's speed relative to the countershaft is determined by the ratio of the two gears: the one permanently attached to the countershaft, and that gear's mate which is now locked to the output shaft. Kecepatan poros relatif terhadap output as penggerak ditentukan oleh rasio dari dua roda gigi: satu secara permanen melekat pada poros penggerak, dan bahwa pasangan gigi itu yang sekarang terkunci ke poros output.
Locking the output shaft with a gear is achieved by means of a dog clutch selector. Mengunci poros keluaran dengan gigi ini dilakukan melalui sebuah kopling anjing pemilih. The dog clutch is a sliding selector mechanism which is splined to the output shaft, meaning that its hub has teeth that fit into slots (splines) on the shaft, forcing that shaft to rotate with it. Kopling anjing adalah pemilih mekanisme geser yang splined ke poros output, yang berarti bahwa hub memiliki gigi yang masuk ke dalam slot (kurva) pada poros, poros yang memaksa untuk memutar dengan itu. However, the splines allow the selector to move back and forth on the shaft, which happens when it is pushed by a selector fork that is linked to the gear lever. Namun, splines memungkinkan pemilih untuk bergerak maju mundur pada poros, yang terjadi ketika itu didorong oleh sebuah garpu pemilih yang dihubungkan dengan tuas gigi. The fork does not rotate, so it is attached to a collar bearing on the selector. garpu tidak memutar, sehingga menempel pada bantalan kerah pada pemilih. The selector is typically symmetric: it slides between two gears and has a synchromesh and teeth on each side in order to lock either gear to the shaft. Pemilih biasanya simetris: meluncur di antara dua gigi dan memiliki synchromesh dan gigi pada masing-masing pihak dalam rangka untuk mengunci gigi baik pada poros.
synchromesh
Jika gigi, gigi anjing yang disebut, melakukan kontak dengan gigi, tapi dua bagian yang berputar dengan kecepatan yang berbeda, gigi akan gagal untuk terlibat dan grinding suara keras akan terdengar seperti gemerincing mereka bersama-sama. For this reason, a modern dog clutch in an automobile has a synchronizer mechanism or synchromesh , which consists of a cone clutch and blocking ring. Untuk alasan ini, sebuah kopling anjing modern di mobil memiliki mekanisme sinkronisasi atau synchromesh, yang terdiri dari kopling kerucut dan cincin memblokir. Before the teeth can engage, the cone clutch engages first which brings the selector and gear to the same speed using friction. Sebelum gigi dapat terlibat, yang kopling kerucut bergerak pertama yang membawa pemilih dan gigi dengan kecepatan yang sama dengan menggunakan gesekan.Moreover, until synchronization occurs, the teeth are prevented from making contact, because further motion of the selector is prevented by a blocker (or baulk ) ring. Selain itu, sampai terjadi sinkronisasi, gigi akan dicegah dari melakukan kontak, karena gerak lebih lanjut dari pemilih dicegah oleh blocker (atau mogok) cincin. When synchronization occurs, friction on the blocker ring is relieved and it twists slightly, bringing into alignment certain grooves and notches that allow further passage of the selector which brings the teeth together. Ketika terjadi sinkronisasi, gesekan pada cincin blocker yang lega dan sedikit twists, membawa ke sejajar alur tertentu dan takik yang memungkinkan bagian lebih lanjut dari pemilih yang membawa gigi bersama-sama. Of course, the exact design of the synchronizer varies from manufacturer to manufacturer. Tentu saja, desain yang tepat dari synchronizer bervariasi dari produsen ke produsen.
The synchronizer has to change the momentum of the entire input shaft and clutch disk. synchronizer ini harus mengubah momentum poros seluruh masukan dan disk kopling. Additionally, it can be abused by exposure to the momentum and power of the engine itself, which is what happens when attempts are made to select a gear without fully disengaging the clutch. Selain itu, dapat disalahgunakan oleh paparan momentum dan kekuatan mesin itu sendiri, yang adalah apa yang terjadi ketika percobaan-percobaan dibuat untuk memilih melepaskan diri sepenuhnya gigi tanpa kopling. This causes extra wear on the rings and sleeves, reducing their service life. Hal ini menyebabkan memakai tambahan pada cincin dan lengan, mengurangi kehidupan pelayanan mereka. When an experimenting driver tries to "match the revs" on a synchronized transmission and force it into gear without using the clutch, the synchronizer will make up for any discrepancy in RPM. Ketika suatu driver bereksperimen mencoba "sesuai dengan revs" pada transmisi sinkron dan memaksa ke gigi tanpa menggunakan kopling, synchronizer akan membuat perbedaan apapun di RPM. The success in engaging the gear without clutching can deceive the driver into thinking that the RPM of the layshaft and transmission were actually exactly matched. Keberhasilan dalam melibatkan gigi tanpa menggenggam dapat menipu sopir berpikir bahwa RPM dari layshaft dan transmisi yang benar-benar persis sama. Nevertheless, approximate rev. Namun demikian rev, perkiraan. matching with clutching can decrease the general delta between layshaft and transmission and decrease synchro wear. sesuai dengan mencengkeram dapat menurunkan umum delta antara layshaft dan transmisi dan Synchro memakai menurun.

Reverse

Pembahasan sebelumnya biasanya hanya berlaku untuk gigi maju. The implementation of the reverse gear is usually different, implemented in the following way to reduce the cost of the transmission. Pelaksanaan gigi mundur biasanya berbeda, diimplementasikan dengan cara berikut ini untuk mengurangi biaya transmisi. Reverse is also a pair of gears: one gear on the countershaft and one on the output shaft. Reverse juga sepasang gigi: satu roda gigi pada poros penggerak dan satu pada poros output. However, whereas all the forward gears are always meshed together, there is a gap between the reverse gears. Namun, sementara semua roda gigi maju selalu menyatu bersama, ada kesenjangan antara gigi mundur. Moreover, they are both attached to their shafts: neither one rotates freely about the shaft. Selain itu, keduanya terikat pada poros mereka: tak satu pun berputar bebas tentang poros. What happens when reverse is selected is that a small gear, called an idler gear or reverse idler , is slid between them. Apa yang terjadi jika sebaliknya yang dipilih adalah bahwa gigi kecil, yang disebut gigi pemalas atau penganggur sebaliknya, adalah meluncur di antara mereka. The idler has teeth which mesh with both gears, and thus it couples these gears together and reverses the direction of rotation without changing the gear ratio. pemalas memiliki gigi yang mesh dengan kedua gigi, dan sehingga pasangan roda gigi ini bersama-sama dan membalikkan arah rotasi tanpa mengubah rasio roda gigi.
In other words, when reverse gear is selected, it is in fact actual gear teeth that are being meshed, with no aid from a synchronization mechanism. Dengan kata lain, ketika gigi mundur dipilih, itu sebenarnya gigi gigi aktual yang sedang menyatu, tanpa bantuan dari mekanisme sinkronisasi.For this reason, the output shaft must not be rotating when reverse is selected: the car must be stopped. Untuk alasan ini, poros keluaran tidak harus berputar ketika reverse dipilih: mobil harus dihentikan. In order that reverse can be selected without grinding even if the input shaft is spinning inertially, there may be a mechanism to stop the input shaft from spinning. Agar reverse dapat dipilih tanpa grinding bahkan jika poros berputar inertially masukan, mungkin ada mekanisme untuk menghentikan masukan dari poros berputar. The driver brings the vehicle to a stop, and selects reverse. Sopir membawa kendaraan untuk berhenti, dan memilih mundur. As that selection is made, some mechanism in the transmission stops the input shaft. Karena seleksi yang dibuat, beberapa mekanisme transmisi berhenti poros input. Both gears are stopped and the idler can be inserted between them. Kedua roda gigi yang berhenti dan penganggur dapat disisipkan di antara mereka. There is a clear description of such a mechanism in the Honda Civic 1996-1998 Service Manual, which refers to it as a "noise reduction system": Ada gambaran yang jelas seperti mekanisme di Honda Civic Service Manual 1996-1998, yang mengacu sebagai sistem reduksi kebisingan "":
Whenever the clutch pedal is depressed to shift into reverse, the mainshaft continues to rotate because of its inertia. Setiap kali pedal kopling ditekan untuk pindah ke terbalik, mainshaft terus berputar karena inersia nya. The resulting speed difference between mainshaft and reverse idler gear produces gear noise [grinding]. Perbedaan kecepatan yang dihasilkan antara mainshaft dan gigi mundur pemalas menghasilkan kebisingan gear [penggilingan]. The reverse gear noise reduction system employs a cam plate which was added to the reverse shift holder. Suara sistem pengurangan gigi reverse cam menggunakan piring yang telah ditambahkan ke pergeseran pemegang sebaliknya. When shifting into reverse, the 5th/reverse shift piece, connected to the shift lever, rotates the cam plate. Ketika bergeser ke belakang, potongan pergeseran 5th/reverse, terhubung ke tuas geser, memutar plat cam. This causes the 5th synchro set to stop the rotating mainshaft. Hal ini menyebabkan Synchro 5 set untuk menghentikan mainshaft berputar.
—(13-4) - (13-4)
Sebuah gigi mundur diimplementasikan dengan cara ini membuat suara rengekan keras, yang biasanya tidak terdengar di gigi depan. Gigi pada roda gigi depan mobil kebanyakan konsumen helically dipotong. Ketika roda gigi heliks memutar, ada kontak konstan antara roda gigi, yang menghasilkan operasi yang tenang. Meskipun forward semua roda gigi yang selalu menyatu, mereka tidak membuat suara yang dapat dengan mudah didengar di atas suara mesin.Sebaliknya, sebagian besar roda gigi reverse memacu roda gigi , yang berarti bahwa mereka memiliki gigi lurus, untuk memungkinkan keterlibatan geser dari pemalas, yang sulit dengan roda gigi heliks. Gigi roda gigi spur berisik bersama saat spin roda gigi, menghasilkan karakteristik merengek.
Jelas bahwa desain taji gigi dari gigi mundur mewakili beberapa kompromi (kurang kuat, tidak sinkron keterlibatan dan suara keras) yang dapat diterima karena jumlah yang relatif kecil mengemudi yang terjadi sebaliknya. Gearbox dari SAAB 900 klasik adalah contoh penting dari sebuah gearbox dengan gigi mundur heliks terlibat dengan cara yang tidak sinkron sama dengan mendorong roda gigi yang dijelaskan di atas.desain aneh Its memungkinkan reverse roda untuk berbagi dengan gigi satu, dan ini sangat tenang, namun hasil dalam keterlibatan sulit dan operasi tidak dapat diandalkan. Namun, transmisi modern sekarang termasuk synchronizer gigi mundur dan heliks gearing.
transmisi manual di kendaraan penumpang sering dilengkapi dengan 4, 5 atau lebih baru 6 gigi maju dalam transmisi manual konvensional dengan tongkat gigi, dan sampai 8 gigi maju dalam transmisi semi-otomatis. Nearly all have one reverse gear. Hampir semua memiliki satu gigi mundur. In three or four speed transmissions, in most cases, the topmost gear is direct (ie, a 1:1 ratio). Dalam tiga atau empat kecepatan transmisi, dalam banyak kasus, roda paling atas adalah langsung (yaitu, rasio 1:1). For five speed or higher transmissions, the highest gear is usually an overdrive gear, with a ratio of less than 1:1. Selama lima kecepatan atau transmisi yang lebih tinggi, biasanya gigi tertinggi adalah sebuah overdrive gigi, dengan perbandingan kurang dari 1:1.Older cars were generally equipped with 3-speed transmissions, or 4-speed transmissions for high performance models and 5-speeds for the most sophisticated of automobiles; in the 1970s, 5-speed transmissions began to appear in low priced mass market automobiles and even compact pickup trucks, pioneered by Toyota (who advertised the fact by giving each model the suffix SR5 as it acquired the fifth speed). mobil tua umumnya dilengkapi dengan transmisi 3-speed, atau transmisi 4-speed untuk model kinerja tinggi dan 5-kecepatan yang paling canggih untuk mobil, di tahun 1970, transmisi 5-speed mulai muncul di rendah mobil massal dengan harga pasar dan bahkan truk pickup kompak, dipelopori oleh Toyota (yang diiklankan dengan memberikan fakta masing-masing model SR5 akhiran karena diperoleh kecepatan kelima).Today, mass market automotive manual transmissions are essentially all 5-speeds, with 6-speed transmissions beginning to emerge in high performance vehicles in the early 1990s, and recently beginning to be offered on some high-efficiency and conventional passenger cars. Hari ini, massa transmisi manual pasar otomotif pada dasarnya semua 5-kecepatan, dengan transmisi 6-speed mulai muncul di kendaraan kinerja tinggi di awal 1990-an, dan baru-baru ini mulai ditawarkan pada beberapa efisiensi tinggi dan mobil penumpang konvensional. Some 7-speed manual-derived transmissions are offered on high-end performance cars, such as the Bugatti Veyron 16.4, or the BMW M5. Beberapa yang diturunkan dari transmisi manual 7-kecepatan yang ditawarkan pada kinerja mobil high-end, seperti Veyron, Bugatti 16,4 atau BMW M5. Both of these cars feature a paddle shifter . Kedua mobil fitur shifter dayung . Recently, even 8-speed transmissions were being offered, such as in the Lexus IS F . Baru-baru ini, bahkan-kecepatan transmisi 8 sedang ditawarkan, seperti di Lexus IS F .
Pada model sebelumnya dengan tiga atau empat kecepatan maju, kurangnya rasio gir untuk santai dan hemat bahan bakar jalan raya jelajah sering diisi dengan memasukkan terpisah overdrive unit di belakang rumah transmisi. This unit was separately actuated by a knob or button, often incorporated into the gearshift knob. Unit ini secara terpisah ditekan oleh tombol atau tombol, sering dimasukkan ke dalam tombol perpindahan gigi.
Pada transmisi belakang-drive konvensional, ada tiga poros dasar; input, output, dan as penggerak itu. The input and output together are called the mainshaft , since they are joined inside the transmission so they appear to be a single shaft, although they rotate totally independently of each other. Input dan output bersama-sama disebut mainshaft, karena mereka bergabung dalam transmisi sehingga mereka muncul menjadi poros tunggal, meskipun mereka memutar benar-benar independen satu sama lain. The input length of this shaft is much shorter than the output shaft. Panjang input poros ini jauh lebih pendek dari poros output. Parallel to the mainshaft is the countershaft. Sejalan dengan mainshaft adalah poros penggerak tersebut. There are a number of gears fixed along the countershaft, and matching gears along the output shaft, although these are not fixed, and rotate independently of the output shaft. Ada sejumlah roda gigi tetap sepanjang poros penggerak, dan roda gigi yang cocok sepanjang poros output, meskipun ini tidak tetap, dan memutar independen dari poros output. There are sliding dog collars , or dog clutches , between the gears on the output shaft, and to engage a gear to the shaft, the collar slides into the space between the shaft and the inside space of the gear, thus rotating the shaft as well. Ada geser kerah anjing, atau cengkeraman anjing, antara roda gigi pada poros output, dan untuk terlibat gigi pada poros, kerah slide ke dalam ruang antara poros dan ruang dalam gigi, sehingga berputar poros serta . One collar is usually mounted between two gears, and slides both ways to engage one or the other gears, so on a four speed there would be two collars. Satu kerah biasanya dipasang antara dua roda gigi, dan slide kedua cara untuk melakukan satu atau roda gigi lain, sehingga pada kecepatan empat akan ada dua kerah. A front-drive transmission is basically the same, but may be simplified. Sebuah transmisi front-drive pada dasarnya sama, tetapi dapat disederhanakan. There often are two shafts, the input and the output, but depending on the direction of rotation of the engine, three may be required. Ada dua shaft sering, input dan output, tapi tergantung pada arah putaran mesin, tiga mungkin diperlukan. Rather that input shaft driving the countershaft with a pinion gear, the input shaft takes over the countershafts job, and the output shaft runs parallel to it. Sebaliknya yang mengemudi as penggerak poros input dengan sayap roda gigi, poros input mengambil alih pekerjaan countershafts, dan poros output berjalan paralel untuk itu. The gears are positioned and engaged just as they are on the countershaft-output shaft on a rear-drive. Roda gigi yang diposisikan dan bergerak seperti mereka berada di poros penggerak-output pada drive-belakang. This merely eliminates one major component, the pinion gear. Ini hanya menghilangkan salah satu komponen utama, sayap roda gigi. Part of the reason that the input and output are in-line on a rear drive unit is to relieve torsion stress on the transmission and mountings, but this isn't an issue in a front-drive as the gearbox is integrated into the transaxle. Sebagian dari alasan bahwa input dan output in-line pada drive unit belakang adalah untuk menghilangkan stress torsi pada transmisi dan penyangga, tapi ini bukan masalah dalam sebuah drive-depan sebagai gearbox diintegrasikan ke transaxle tersebut.
The basic process is not universal. Proses dasarnya tidak universal. The fixed and free gears can be mounted on either the input or output shaft, or both. Roda gigi tetap dan bebas dapat dipasang baik pada poros input maupun output, atau keduanya.
The distribution of the shifters is also a matter of design; it need not be the case that all of the free-rotating gears with selectors are on one shaft, and the permanently splined gears on the other. Distribusi dari shifter juga merupakan masalah desain; itu tidak perlu terjadi bahwa semua gigi berputar bebas dengan pemilih berada di satu poros, dan roda gigi permanen splined di sisi lain.For instance a five speed transmission might have the first-to-second selectors on the countershaft, but the third-to-fourth selector and the fifth selector on the mainshaft, which is the configuration in the 1998 Honda Civic . Misalnya kecepatan transmisi lima mungkin memiliki kedua-untuk-pemilih pertama di poros penggerak, tapi keempat-ke-pemilih ketiga dan kelima pada selektor mainshaft, yang merupakan konfigurasi di tahun 1998 Honda Civic . This means that when the car is stopped and idling in neutral with the clutch engaged input shaft spinning, the third, fourth and fifth gear pairs do not rotate. Ini berarti bahwa ketika mobil yang berhenti dan diparkir di netral dengan terlibat poros input kopling berputar, ketiga, keempat dan kelima pasang gigi tidak berputar.
In some transmission designs (Volvo 850 and V/S70 series, for example) there are actually two countershafts, both driving an output pinion meshing with the front-wheel-drive transaxle's ring gear. Pada beberapa desain transmisi (Volvo 850 dan seri V/S70, misalnya) sebenarnya ada dua countershafts, baik mengendarai sayap output meshing dengan gigi cincin transaxle depan-wheel-drive. This allows the transmission designer to make the transmission narrower, since each countershaft need only be half as long as a traditional countershaft with four gears and two shifters. Hal ini memungkinkan desainer transmisi untuk membuat transmisi sempit, karena masing-masing as penggerak hanya perlu setengah dari panjang sebagai poros penggerak tradisional dengan empat roda gigi dan dua shifter.
Dalam semua kendaraan yang menggunakan transmisi (hampir semua kendaraan modern), perangkat kopling digunakan untuk memisahkan mesin dan transmisi bila diperlukan. The kopling menyelesaikan ini dalam transmisi manual.Tanpa itu, mesin dan ban akan setiap waktu harus terkait erat, dan setiap saat kendaraan berhenti mesin akan warung. Tanpa kopling, gigi berubah akan sangat sulit, bahkan dengan kendaraan sudah bergerak: menghapus tanda pada pilihan gigi sementara pengiriman dibawah beban memerlukan kekuatan besar, dan memilih gigi membutuhkan revolusi kecepatan mesin yang akan diadakan di nilai sangat tepat yang tergantung pada kecepatan kendaraan dan peralatan yang diinginkan.Dalam sebuah mobil kopling biasanya dioperasikan oleh sebuah pedal , sepeda motor, sebuah tuas di stang kiri melayani tujuan.
  • Ketika kopling pedal sepenuhnya tertekan, kopling terlepas sepenuhnya, dan tidak ada torsi dipindahkan dari mesin ke transmisi (dan ekstensi ke roda drive). In this uncoupled state it is possible to select gears or to stop the car without stopping the engine. Dalam keadaan terlepas itu adalah mungkin untuk memilih roda gigi atau untuk menghentikan mobil tanpa berhenti mesin
  • Ketika kopling pedal sepenuhnya dilepaskan, kopling sepenuhnya terlibat, dan hampir semua dari torsi mesin ditransfer. Dalam keadaan digabungkan, kopling tidak slip, melainkan bertindak sebagai kopling kaku, dan kekuasaan ditransmisikan ke roda dengan minimal limbah panas praktis.
  • Antara ekstrem ini keterlibatan dan bercerai kopling slip untuk berbagai derajat. Ketika kopling slip masih transmit torsi meskipun perbedaan kecepatan antara crankshaft mesin dan input transmisi. Karena torsi ini ditularkan melalui kontak gesekan daripada mekanik langsung, kekuasaan yang cukup yang terbuang sebagai panas (yang terdisipasi oleh kopling). Benar diterapkan, slip memungkinkan kendaraan harus dimulai dari berhenti, dan ketika sudah bergerak, memungkinkan putaran mesin secara bertahap menyesuaikan dengan rasio gigi yang baru dipilih.
  • Learning to use the clutch efficiently requires the development of muscle memory and a level of coordination analogous to that required to learn a musical instrument or to play a sport. Belajar untuk menggunakan kopling efisien memerlukan pengembangan memori otot dan tingkat koordinasi analog dengan yang dibutuhkan untuk mempelajari alat musik atau berolahraga.
  • Seorang pengendara dari motorcross sangat-tuned atau sepeda motor off-road dapat "memukul" atau "kipas" kopling saat keluar dari sudut untuk membantu mesin dalam revving ke titik di mana ia memberikan kekuatan yang paling.
Dalam banyak mobil penumpang modern, roda gigi yang dipilih dengan memanipulasi sebuah tuas yang terhubung ke transmisi melalui linkage atau kabel dan dipasang di lantai mobil. Hal ini disebut tongkat gigi, tongkat pergeseran, perpindahan gigi, tuas gear, selektor roda gigi, atau shifter. Menggerakkan tuas, mundur, kiri, dan kanan ke posisi spesifik memilih gigi tertentu. Sebuah modifikasi aftermarket bagian ini dikenal sebagai pemasangan shifter pendek yang dapat dikombinasikan dengan aftermarket tombol shift .
Suatu tata letak sampel dari empat kecepatan transmisi ditampilkan di bawah tanda. N netral, posisi dimana tidak ada roda gigi yang terlibat dan mesinnya dipisahkan dari drive kendaraan roda. Pada kenyataannya, garis horisontal seluruh posisi netral, meskipun shifter biasanya dilengkapi dengan pegas sehingga akan kembali ke posisi N jika tidak pindah ke gigi yang lain.R menandai sebaliknya, posisi roda gigi digunakan untuk memindahkan kendaraan belakang.
tata letak ini disebut pergeseran pola. Karena pergeseran kuadran, pengaturan dasar sering disebut H-pola. Pola pergeseran biasanya dicetak atau dicetak pada atau dekat tombol gigi . Sedangkan tata letak untuk gigi satu sampai empat hampir universal, lokasi terbalik tidak. Tergantung pada desain transmisi tertentu, sebaliknya mungkin berlokasi di sepanjang kiri atas pola pergeseran, di kiri bawah, di kanan bawah, atau di bagian kanan atas.Biasanya ada mekanisme yang hanya memungkinkan pilihan sebaliknya dari posisi netral, atau sebaliknya blockout yang harus dilepaskan dengan menekan kenop gigi pegas atau mengangkat kerah musim semi-dimuat di stick shift, untuk mengurangi kemungkinan bahwa reverse akan sengaja dipilih oleh pengemudi.

tata letak ini cukup intuitif karena dimulai di kiri atas dan bekerja kiri ke kanan, atas ke bawah, dengan reverse pada akhir urutan dan menuju bagian belakang mobil.Ini adalah satu lagi pergeseran pola lima kecepatan, yang dapat ditemukan dalam Saab, BMW, beberapa Audi, Volvo, Volkswagen, Opels, Hyundais, Renault paling, beberapa Ford diesel, dan banyak lagi.
Kaki anjing-pola shift pertama digunakan pada mobil balap banyak dan pada jalan kendaraan tua dengan kecepatan transmisi tiga.
Nama ini berasal dari-up dan jalan-over antara gigi pertama dan kedua. Penggunaannya umum dalam mobil balap dan mobil sport, tapi berkurang sebagai gearbox enam kecepatan dan sekuensial menjadi lebih umum. Setelah gigi pertama di kaki anjing adalah bermanfaat sebagai gigi satu secara tradisional hanya digunakan untuk mendapatkan mobil bergerak dan karena itu memungkinkan gigi kedua dan ketiga agar sesuai kedepan dan belakang satu sama lain, yang memfasilitasi pergeseran antara keduanya.Karena sebagian besar gearbox non-syncromesh tidak ada penundaan yang cukup ketika upshifting dari pertama melalui kaki anjing ke kedua.
Pola gigi juga dapat ditemukan pada beberapa kendaraan berat di mana gigi satu adalah rasio ekstra-rendah untuk digunakan dalam kondisi berdiri-mulai ekstrim, dan akan melihat gunanya mengemudi normal.
Enam kecepatan maksimum yang biasanya terlihat di kisaran transmisi tunggal, namun semi banyak truk dan kendaraan komersial besar lainnya memiliki transmisi manual dengan 8, 16 atau bahkan 20 kecepatan, yang dimungkinkan karena multi-range gearbox.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar